Penyebab , Cara menurunkan dan Mengatasi Kolesterol

Penyebab , Cara Menurunkan dan Mencegah Kolesterol - Kolesterol atau "Waxy Steroid" adalah senyawa berbentuk lembek dan terdapat diantara lemak yang ada didalam aliran darah dan semua sel yang ada ditubuh. Sedangkan Menurut Referensi lain, Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. 

Lalu apa yang menyebabkan Kolesterol? Sebenarnya terdapat 2 Faktor yang paling utama yang menyebabkan kolesterol
  • Faktor yang ke-1:
a. Faktor Keturunan, Kenapa bisa dibilang fakor keturunan? Apabila salah satu keluarga mempunyai riwayat kolesterol tinggi, maka kemungkinan anaknya pun bisa mendapatkan kolesterol yang cukup tinggi juga bahkan bisa 6 kali lipat lebih besar menimpa anaknya.
b. Faktor Usia, untuk pria kolesterol akan mudah naik pada umur 50 tahun, sedangkan pada wanita kolesterol akan mudah naik pada usia 60 tahun. Kenapa demikian? dikarenakan wanita memiliki hormon esterogen lebih banyak ketimbang pria. Estrogen cenderung meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh sedangkan testosteron justru meredamnya
  • Faktor yang ke-2
a. Terlalu banyak makan makanan berisi lemak jenuh. (seperti: Biskuit, Mentega, dan lain- lain)
b. Berat badan
c. Suka Merokok
d. Diet yang salah
e. Pola makan yang salah
f. Stress, dll.
Oleh karena itu kita harus bisa mencegah kolesterol sebelum meningkatnya kolesterol kita. Berikut cara pencegahanya.

Cara mencegah meningkatnya kolesterol:
Makanan- makanan yang dapat meningkatkan kolesterol

1. Hindari makanan berkolesterol tinggi
Contoh: Cumi-cumi, Otak sapi, Kepiting, Otak dan kaki babi, Telur burung puyuh, Jeroan sapid an kambing , Kuning telur, Kerang putih (tiram), Mentega dan margarin

2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Kenapa harus makan Sayur dan buah? Karena sayur dan buah mengandung serat makanan, antioksidan dan nutrisi lain. Dikarenakan antioksidan yang tedapat di sayur dan buah meliputi Betakaroten (Pro Vitamin A), Vitamin C, dan Vitamin E.

3. Menjaga kestabilan tekanan darah
Kenapa harus menjaga kestabilan tekanan darah? Karena Tekanan darah tinggi dapat mempercepat pengerasan arteri yang menjadi penyebab utama terjadinya ateriosklerosis.

4. Turunkan berat badan
Biasanya orang yang mempunyai berat badan yang lebih, maka cenderung memiliki kadar kolesterol dan lemak yang tinggi namun memiliki kadar HDL rendah.


Akibat atau dampak yang diberikan kolesterol akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya, Seperti: Serangan Jantung dan Stroke. Lalu bagaimana cara menurunkan Kolesterol? Berikut cara menurunkan kolesterol yang saya tau

Cara menurunkan kolesterol
  1. Hindarilah makanan seperti kuning telur, daging berlemak, dan produk susu penuh lemak. 
  2. Gabungkanlah asupan makanan dengan ikan salmon, kacang-kacangan, dan sereal untuk diet.
  3. Olahragalah dengan rutin.
  4. Mempertahankan pola makan sehari-hari yang seha dan seimbang.
  5. Tidak merokok
  6. Kita perlu mewaspadai kadar glukosa darah karena faktor keturunan, dengan cara mengecek tingkat kolesterol kita.
 Sekian artikel tentang Kolesterol yang saya ketahui, Semoga bermanfaat bagi anda dan tubuh anda jaga pola makan dengan benar agar tetap sehat selalu. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa tinggalkan komentar dibawah ini.

0 komentar:

Post a Comment

Jika ada sebuah Link yang sudah tidak bisa di gunakan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini untuk di Update

Blog ini sudah menerapkan Dofollow :
1. Berkomentar dengan Baik dan Sopan.
2. Tidak komentar SPAM.
3. Tidak menempatkan Link Hidup saat berkomentar.