Pengertian Dajjal

Pengertian Dajjal - Kali ini saya akan mengshare tentang Dajjal. Sebelumnya apakah anda tau siapakah Dajjal itu sendiri? Dalam beberapa hadits Rasulullah banyak disebutkan tentang Dajjal. Adapun Dajjal adalah simata picak pembohong besar. Sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW. Yang artinya: "Dari Anas bin Malik r.a. katanya, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada seorang Nabi melainkan dia mengingatkan umatnya supaya waspada terhadap si picak pembohong besar. Ketahuilah! Dia picak sedangkan Tuhanmu tidak picak. Antara kedua matanya tertulis "K-F-R" (kafir). (HR. Muslim)


 
Hadits yang lain menyebutkan: "Dari Hudzaifah r.a dari Nabi SAW sabdanya "Dajjal selalu membawa air dan api. Api itu sebenarnya adalah air yang sejuk, sedangkan air itu adalah api yang panas. Karena itu waspadalah kamu agar tidak celaka". (HR. Muslim)
 
Dari keterangan hadits tersebut dapat disimpulkan, bahwa dajjal bukanlah sebuah nama orang melainkan istilah atau gelar bagi seorang penipu atau pembohong besar. Pekerjaan dajjal adalah mengadu domba, menipu, dan menyesatkan orang. Kehadiran dajjal merupakan salah satu tanda akan datangnya hari Kiamat.
 
Sejak jaman Nabi Muhammad SAW, bahkan ada riwayat yang menyebutkan bahwa dajjal kecil telah datang pada setiap Nabi. Dajjal kecil selalu menghalang-halangi setiap dakwah Nabi serta mencegah tersiarnya agama Islam. Dajjal menghembus-hembuskan berita bohong dan mengganggu ketentraman masyarakat. Adapun arti mata picak adalah mata buta sebelah yang memiliki makna kiasan bahwa dajjal melihat kehidupan ini dengan sebelah mata, yaitu hanya melihat dunia tanpa menghiraukan kehidupan akhirat. Dirayunya manusia dengan tipu daya dunia, difitnah sehingga masyarakat menjadi resah.
 
Jika yang dimaksud dajjal kecil adalah penipu, tukang fitnah, pengganggu dan pengacau, maka dalam kehidupan sekarangpun banyak dajjal berkeliaran dalam masyarakat dan negara kita.
Nabi Muhammad SAW senantiasa berdoa agar dilindungi dari godaan dajjal dan fitnah dajjal dan mengingatkan ummatnya untuk selalu waspada terhadap tipu daya dajjal.
 
Dajjal besar akan datang sebagai penipu dan pembohong besar yang kehadirannya untuk merusak umat Nabi Muhammad SAW dengan menghembus-hembuskan fitnah, bahwa anjara Nabi Muhammad SAW khayal belaka. Kedatangannya untuk menimbulkan kekacauan dan kemusyrikan umat Nabi Muhammad SAW, sehingga tidak seorang pun nantinya akan mempercayai adanya Allah SWT. Jika keadaan telah demikian parahnya, maka datanglah Akhir Zaman (Kiamat).


Sekian artikel tentang Dajjal yang saya ketahui, semoga bermanfaat bagi anda dan bisa mengerti tipu daya dajjal. Jika anda mempunyai masalah bisa tinggalkan komentar dibawah ini oke:)

0 komentar:

Post a Comment

Jika ada sebuah Link yang sudah tidak bisa di gunakan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini untuk di Update

Blog ini sudah menerapkan Dofollow :
1. Berkomentar dengan Baik dan Sopan.
2. Tidak komentar SPAM.
3. Tidak menempatkan Link Hidup saat berkomentar.